Saterdag 30 Maart 2013

Pengertian, Fungsi, Cara membuat email, fecebook, twitter, blogger, friendster.



Nama               : HELEN MARIANTI
Stambuk          : A 401 11 086
Prodi               : PGSD
Tugas TIK       : Membuat Paper


1.      Pengertian, fungsi  dan cara pembuatan email
v  Pengertian e-mail
Pengertian e-mail  dapat di tinjau dari kepanjangannya terlebih dahulu. Email merupakan singkatan dari electronic mail atau surat elektronik. Di salah satu literatur komputer, jadi pengeritan E-mail atau electronic mail atau surat elektronik  adalah salah satu jenis layanan internet yang dapat digunakan untuk berkirim surat secara elektronik. Surat akan dikirim sesuai dengan alamat yang diberikan kepadanya. Tiap pengguna internet memiliki alamat yang unik, persis seperti nomor telepon kita. Setiap orang bahkan bisa memiliki lebih dari satu alamat email sama seperti nomor HP yang satu orang bisa memiliki puluhan nomor.
v  Cara membuat e-mail
1.       Masuklah ke alamat mail.yahoo.com
2.       Pilih tombol “create new account”
3.       Anda akan dibawa ke halaman form pendaftaran, isilah data-data yang    diminta kemudian masukkan kode captcha dan tekan tombol “create my account”
4.      Jika data-data yang anda masukkan sudah benar maka setelah menekan tombol “create my account” anda akan dibawa ke halaman konfirmasi seperti pada gambar berikut. Tekan saja tombol “lanjutkan”
5.      Email sudah jadi dan anda sudah bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan.
v  Fungsi e-mail
1)      Perkembangan situs jejaring sosial.
2)      Akses dunia pendidikan yang lebih luas.
3)      Akses dunia kerja secara langsung.
4)      Sarana promosi product barang atau jasa.

2.      Pengertian, fungsi dan pembuatan facebook
v  Pengertian facebook
Pengertian facebook menurut wikipedia berbahasa indonesia adalah sebuah situs web jejaring sosial populer yang diluncurkan pada 4 Februari 2004. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14Mei1984 dan mantan murid Ardsley High School.Atau dapat juga diartikan facebook adalah sebuah web jejaring sosial yang didirikan oleh mark zuckerberg dan diluncurkan pada 4 Februari 2004 yang memungkinkan para pengguna dapat menambahkan profil dengan foto, kontak, ataupun informasi personil lainnya dan dapat bergabung dalam komunitas untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan pengguna lainnya.
v  Fungsi facebook
Fungsi facebook yaitu sebagai berikut:
1.         berbagi/sharing pengalaman keteman-teman
2.         membuat sebuah halaman komunitas
3.         membuat/membentuk sebuah grup untuk kelompok mereka
4.         menjadi tempat bisnis terbaik
5.         sebagai ajang mencari teman.
6.         Sebagai tempat curhat
7.         Sebagai tempat untuk mencari pacar dan jodoh
8.          Mempererat persaudaraan
9.         Tempat untuk  men'siarkan agama
10.     Membagi ilmu kepada teman
11.     Sebagai tempat diskusi
12.     untuk mencari teman lama.
13.      Bagi Blogger Facebook ini berfungsi untuk mendapatkan backlink berkualitas dari Facebook. Mungkin karena pagerank facebook ini tinggi
v  Cara pembuatan facebook
1.      Pertama kali siapkan satu alamat email dan loginlah ke dalam akun email tersebut. Bagi anda yang belum mempunyai alamat email sebaiknya membuat dulu.
2.      Langkah selanjutnya masuklah ke situs facebook.com
3.      Anda akan menemui form pendaftaran seperti gambar berikut ini, isilah kolom-kolomnya dengan data diri anda. Catat atau ingat-ingat alamat email dan kata sandi yang anda masukkan karena ini akan digunakan untuk login facebook setiap saat. Setelah terisi semua kemudian tekan pada tombol “sign up” (lihat contoh gambar di bawah)
cara membuat facebook
4.      Setelah menekan tombol “sign up” selanjutnya anda akan dibawa ke halaman baru seperti pada gambar di bawah ini


cara membuat facebook step 1
Step 1
Pada step pertama ini anda bisa mencari teman-teman anda di yahoo, windows live hotmail, skype serta beberapa layanan lainnya yang mungkin sudah terlebih dahulu bergabung ke facebook dengan menekan tombol “find friends”. Atau apabila anda tidak ingin melakukannya, bisa melewatinya dengan menekan tombol “skip this step” seperti yang saya beri lingkaran.
5.      Pada step kedua anda bisa mengisikan info profil anda seperti nama sekolah menengah atas, nama kampus, dan juga nama perusahaan anda bekerja. Selanjutnya tekan tombol “save and continue” namun apabila anda tidak mau mengisinya, langsung saja tekan tombol “skip” (lihat gambar di bawah)
cara membuat facebook step 2
6.      Pada step ketiga anda bisa mengupload foto profil. Untuk foto bisa dipilih dari hardisk atau mengambilnya secara langsung via webcam. Jika sudah silahkan tekan tombol “save & continue”. Atau apabila anda tidak ingin mengupload foto profil terlebih dahulu, bisa melewati step ketiga dengan menekan tombol “skip” (lihat gambar di bawah)
cara membuat facebook step 3

7.      Setelah anda melewati langkah ketiga di atas, selanjutnya anda akan dibawa ke halaman baru dengan tampilan sebagai berikut. Tekanlah pada tombol “go to your email” seperti pada yang saya beri lingkaran.
8.      Selanjutnya anda akan dibawa masuk ke akun email anda. Temukan dalam inbox anda sebuah pesan seperti pada gambar di bawah yang saya beri lingkaran. Bukalah email tersebut.

konfirmasi alamat email
9.      Di dalam pesan tersebut anda akan menemui sebuah link seperti pada gambar di bawah ini yang saya beri lingkaran. Tekanlah link tersebut untuk mengonfirmasi pembuatan akun facebook anda.

cara membuat facebook finish
10.  Sampai di sini berarti pembuatan akun facebook anda telah berhasil dan silahkan mulai menggunakan akun facebook anda untuk mencari teman baru atau menambahkan teman dan berinteraksi dengan mereka.
3.      Pengertian, fungsi dan cara pembuatan bloger
v  Pengertian
Blog berasal dari kata Web dan Log (WEBLOG) yang berarti catatan online (yang berada di web). Blog adalah situs web yang berisi tulisan, artikel atau informasi bermanfaat yang diupdate (diperbaharui) secara teratur dan dapat diakses secara online baik untuk umum maupun pribadi.
v  Fungsi
·         Menyampaikan informasi yang bermanfaat untuk diri sendiri maupun bagi orang lain
·         Memberikan keuntungan bagi diri sendiri maupun orang lain
·         Menyalurkan hobby dan mengisi waktu luang dengan kegiatan yang positif
·         Berkarya atau aktualisasi diri
·         Saling bertukar pengetahuan dengan pembaca, blogger menulis, pengunjung memberikan tanggapan atau komentar
·         Berbagi pengalaman 
·         berbagi software berguna, seperti foto, film/video, dokumen, dsb
v  Cara Pembuatan
a)      Sobat diwajibkan memiliki sebuah alamat email, saran saya pakailah layanan gmail dari google. untuk membuat email dari layanan google tersebut anda bisa langsung menuju ke Gmail, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.

b)      Langkah selanjutnya isi data data diform yang disediakan, jangan lupa paling bawah klik Saya menyetujui persyaratan layanan dan kebijakan privacy google, setelah itu klik Langkah berikutnya lihat gambar dibawah.

c)      Selanjutnya, klik kirim kode Verifikasi. lihat lagi gambar dibawah ya :)

d)     sekarang cek ponsel anda, jika belum ada kode verifikasi dari google bisa dicoba lagi beberapa menit kemudian, gambar dibawah menggunakan modem, jadi kode verifikasinya langsung bisa di lihat dilayar laptop saya.
e)      Masukin deh kode verifikasinya seperti dibawah ini
f)       Selamat datang di akun Gmail anda, lalu klik Lanjutkan ke Gmail ya....


g)      Sampai disini proses pembuatan akun Gmail sudah berhasil, sekarang ketahap selanjutnya ya...proses pembuatan blog. Ya udah tanpa basa basi langsung buka tab baru di browser sobat ya, atau bisa langsung menekan (ctrl + T) buka blogger.com ya.... tinggal isi email dan sandi yang sama seperti di akun Gmail tadi. lalu klik Masuk
h)      selanjutnya pilih Opsi profil blogger sobat, jika hanya membuat blogger sebaiknya klik yg sebelah kanan. lalu klik lanjutkan ke blogger.

i)        Sampai tahap ini sobat sudah sukses membuat akun blog, tahap selanjutnya silahkan lihat gambar dibawah ini untuk jelasnya. perhatikan baik baik tahap 1, 2, dan 3. sebelum ada tulisan This blog address is available berarti nama blog yang ingin sobat buat sudah ada yang memiliki, silahkan ganti dengan nama lain, atau untuk mudahnya bisa tambahkan angka dibelakang alamat blognya, lihat contoh yang saya lingkari pada nomer 2 dibawah. setelah itu klik create blog.

j)        Lihat keterangan dibawah ini, angka 1 adalah Judul blog yang sobat ciptakan pada tahap sebelumnya, lalu angka 2 adalah start posting. alias untuk memulai membuat artikel.


4.      Pengertian, fungsi dan cara pembuatan Twitter
Ø  Pengertian
Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut ("follower").
Ø  Fungsi

Home

Pada halaman utama kita bisa melihat tweets yang dikirimkan oleh orang-orang yang menjadi teman kita. Selain itu di halaman utama ini

Profile

pada halaman ini yang akan dilihat oleh seluruh orang mengenai profil atau data diri serta tweet yang sudah pernah di-posting.

Follower

Pengikut adalah pengguna lain yang ingin menjadikan kita sebagai teman. Bila pengguna lain menjadi follower akun seseorang, maka tweets seseorang yang ia ikuti tersebut akan masuk ke dalam halaman utama.

Following

Kebalikan dari follower, following adalah akun seseorang yang mengikuti akun pengguna lain agar tweets yang dikirim oleh orang yang diikuti tersebut masuk ke dalam halaman utama.

Mentions

Biasanya konten ini merupakan balasan dari percakapan agar sesama pengguna bisa langsung menandai orang yang akan diajak bicara.

Favorite

Tweets ditandai sebagai favorit agar tidak hilang oleh halaman sebelumnya.

Direct Message

Fungsi direct message lebih bisa disebut SMS karena pengiriman pesan langsung di antara pengguna tanpa ada pengguna lain yang bisa melihat pesan tersebut kecuali pengguna yang dikirimi pesan.

Hashtag

penanda yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh orang lain juga

List

pengguna twitter dapat mengelompokkan following mereka ke dalam satu grup atau list. sehingga memudahkan untuk dapat melihat secara keseluruhan para username yang mereka follow

Trending Topic

topik yang sedang banyak dibicarakan banyak pengguna dalam suatu waktu yang bersamaan.
Ø  Cara pembuatan
1)      Buka situs halaman registrasi Twitter yang beralamatkan di https://twitter.com/signup
2)      Pada isi secara lengkap data-data yang diminta yaitu nama lengkap, email, password, dan username dan isi hingga datanya valid seperti tampak pada gambar dibawah ini. Setelah semua data diisi dan valid maka langkah selanjutnya yaitu klik “Create My Accout” untuk memulai membuat twitter.cara membuat twitter
3)      Selanjutnya silahkan buka email anda dan lihat pada inbox. Buka email confirmasi dari twitter dan klik links konfirmasinya. Lihat gambar dibawah ini.cara membuat twitter
4)      Setelah anda klik links tersebut maka akun twitter sobat sudah selesai dibuat, dan selanjutnya kita tinggal mengatur setting profilnya saja.caranya yaitu Klik Menu kemudian pilih View My Profile Page maka akan terlihat seperti tampilan sebagai berikut.cara membuat twitter
5)      Langkah selanjutanya klik “Edit Your Profile” dan silahkan ganti foto profile anda dengan mengeklik tombol browse dan setelah itu silahkan pilih foto terbaik anda untuk dijadikan foto profile pada twitter. cara membuat twitter
6)      Isi website jika mempunyai web atau blog dan jangan lupa isi Bio anda dan jika sudah selesai semua sekarang tinggal klik “Save Changes
5.      Pengertian, fungsi dan cara pembuatan Frendster
Ø  Pengertian
Friendster adalah suatu jaringan sosial sejenis facebook yang mana berfungsi untuk berkomunikasi di dunia maya baik dengan orang yang kita kenal maupun orang yang belum kita kenal sepenuhnya.
Ø  Fungsi
1. Pengaruh positif :
* Keep in Contact (tetap terjaga komunikasinya).. Secara, kirim kirim comment n kirim message.. sebenernya kebanyakan kirim kirim comments (dulu testimonial).. Apalagi di facebook, kan bisa chat juga tanpa ada software yang repot harus didonlot n di instol..
* Menambah wawasan iptek.. ia donk, kan kita mau ga mau harus belajar dulu cara bikin e-mail, terus gimana cara sign in, cara sign out/log out.. cara upload foto, cara embed media, cara update profile, cara add request, cara tag foto.. macem-macem!..
* Jadi kenal sama yang tadinya ga kenal.. di dunia maya , semua orang pasti berani! .. biasanya yang diem di dunia nyata, bisa jadi aktif banget di dunia maya (internet).. kalo chatting ya ceplos-ceplosan.. di friendster bebas mau ngirim comment apa ama orang itu(asal jangan spam)..Jadi orang-orang pada berani kenalan ama yang ga kenal..
* Jadi lebih kreatif.. contohnya di friendster, kita harus kreatif n rajin-rajin update profile kita.. kalo ga, orang bakal bosen..kreatif nya dalam hal mengubah tampilan layout, ato dengan text yang menarik.. dengan tidak langsung, itu udah belajar dengan yang namanya “html code”..kalo di facebook, ehem.. maen pet society..hahaa..jadi lebih kreatif~!!dijamin..
2. Pengaruh negatif:
* Menjadikannya sebagai prioritas utama.. Setiap hari pasti buka friendster n facebook!!..buat apa? buat ngecheck comment ..kalo ga , nanti orang yang ngirim comment ntu bakalan marah.. daripada kena batunya , mending langsung bales.. well, itu satu dari banyak alesan kenapa orang buka friendster tiap hari.. akibatnya : biaya internet mahal, ibu minum baygon..
* Memiliki rasa ingin tahu yang berlebihan terhadap privasi orang.. Jaman sekarang, comment bukan dipake lagi buat mengkritik atau mengomentari orang itu.. 70%nya malahan NGEGOSIP..hehe.. ia, ngegosip..jadi orang yang ga tau masalah itu, pengen tau masalahnya.. itu sama aja ngeliat privasi orang kan?
* Komunikasi terhadap keluarga MENGURANG.
Ø  Cara pembuatan
A. Syarat-syarat.
1. Memiliki akun (acount) email, baik di yahoo, gmail, hotmail, etc. Karena dengan akun inilah anda login di FS.
2. Berumur diatas 16 dan menyetujui EULA.

B. Langkah-langkah membuat akun. 
1. Kunjungi www.friendster.com
2. Jika anda tidak mudeng dengan bahasa inggris, pilih bahasa indonesia dengan meng-klik "bahasa"
3. Mula daftarkan diri anda dengan meng-klik "mendaftar" (sign up)
4. Mulai isi formulir pendaftaran,
a. Masukan alamat email anda beserta pasword/sandinya.
b. Masukan nama depan dan nama belakang anda.
c. Isikan jenis kelamin, tanggal lahir dan negara anda.
d. Tulis ulang rangkaian huruf dan angka yang anda lihat di kotak verifikasi registrasi. Isilah dengan tepat karena banyak orang melakukan kesalahan pada bagian ini!!
e. Jika karakter rangkaian huruf dan angka telah anda masukan maka kemudian klik-lah "mendaftarkan"
5. Jika anda berhasil, anda akan diberikan ucapan selamat oleh pihak regristrasi serta anda akan diminta melakukan verifikasi untuk mengaktivkan akun anda.
6. Kunjungi kotak masuk pada email anda yang anda daftarkan tadi -misalnya contoh gambar diatas (no.2) maka saya harus membuka kotak masuk di windie12@yahoo.co.id- dikotak masuk, anda akan menemukan surat dari freindster yang berisi verifikasi akun anda -biasanya berisi alamat/url, klik alamat tersebut.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking